Mengenal Profesi Machine Learning Engineer, Bayarannya Puluhan Juta

0

Machine Learning Engineer menjadi salah satu pekerjaan di bidang IT yang dibutuhkan.

Machine learning engineer menjadi salah satu pekerjaan di bidang IT yang kerap dibutuhkan.

Profesi itu berperan merancang algoritma yang memungkinkan sebuah mesin mengambil tindakan secara otomatis tanpa dikendalikan manusia secara langsung.

Mengutip dari prakerja.go.id, di Indonesia pekerjaan machine learning engineer memang belum populer.

Akan tetapi, lowongan kerja data scientist atau data engineer dengan keahlian dan pengalaman bidang IT khususnya terkait machine learning kerap tersedia di berbagai perusahaan.

Gaji yang ditawarkan juga tidak main-main.

Di situs Jobs.id, perusahaan yang membutuhkan jasa data scientist dengan kemampuan dan pengalaman machine learning berani menggaji di nominal Rp 25 juta untuk pemula.

Jika kemampuan calon tenaga kerja sangat mumpuni, perusahaan berani membayar tenaga ahli di bidang ini hingga Rp 50 juta.

Untuk mencapai profesi machine learning engineer, Anda dapat memulai karir sebagai data analyst untuk mengasah kemampuan berpikir analitis dan tentunya anda juga harus berpengalaman sebagai software engineer.

Jika Anda sudah punya dua modal di atas sebagai software engineer dan data analyst atau scientist, maka Anda harus mempelajari machine learning.

Terus mengasah skill dengan mengikuti kursus-kursus maupun kompetisi.

Deskripsi Pekerjaan Machine Learning Engineer Mengutip dari coursera.org, seorang machine learning engineer membangun sistem kecerdasan buatan (AI) yang memanfaatkan kumpulan data besar untuk menghasilkan dan mengembangkan algoritma yang mampu menganalisa dan membuat prediksi hingga keputusan.

Mengutip dari branstation.io, secara keseluruhan peran ini bertanggung jawab untuk merancang sistem pembelajaran mesin, yang melibatkan penilaian dan pengorganisasian data, pelaksanaan pengujian dan eksperimen, dan secara umum memantau dan mengoptimalkan proses pembelajaran mesin untuk membantu mengembangkan sistem pembelajaran mesin yang berperforma kuat.

Banyak deskripsi pekerjaan membutuhkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman seperti Python, Java, dan C/C++.

Meskipun tugas spesifik akan bervariasi tergantung pada ukuran organisasi dan tim ilmu data secara keseluruhan, deskripsi pekerjaan Machine Learning Engineer, biasanya akan mencakup semua atau sebagian besar tanggung jawab berikut: – Merancang, mengembangkan, dan meneliti sistem, model, dan skema Machine Learning – Mempelajari, mengubah, dan mengonversi prototipe ilmu data – Mencari dan memilih kumpulan data yang sesuai sebelum melakukan pengumpulan data dan pemodelan data – Melakukan analisis statistik dan menggunakan hasil untuk meningkatkan model – Pelatihan dan pelatihan ulang sistem dan model ML sesuai kebutuhan – Mengidentifikasi perbedaan dalam distribusi data yang dapat memengaruhi performa model dalam situasi dunia nyata – Memvisualisasikan data untuk wawasan yang lebih dalam – Menganalisis kasus penggunaan algoritme ML dan memeringkatnya berdasarkan probabilitas keberhasilannya – Memahami kapan temuan Anda dapat diterapkan pada keputusan bisnis – Memperkaya framework dan library ML yang ada termasuk memverifikasi kualitas data dan/atau memastikannya melalui pembersihan data.

RINDI ARISKA Pilihan Editor: 20 Profesi yang Dibutuhkan di 2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *