Inilah Cara Memilih TV Digital yang Terbaik dan Tahan Lama

0
TV Digital

TV digital merupakan jenis televisi yang banyak digunakan orang. Perbedaan TV digital dan analog adalah penggunaan antena untuk menangkap sinyal. Umumnya, TV analog membutuhkan antena untuk menangkap sinyal. Lain halnya TV digital yang dapat menggunakan antena atau pemancar digital. Maka, TV digital jarang terjadi gangguan

Selain itu,  TV analog hanya dapat digunakan untuk menonton. Sementara TV digital,  bisa Anda gunakan untuk streaming dan bermain game. Maka tidak heran, TV digital dianggap lebih canggih dibandingkan TV analog. Apalagi, terdapat banyak model televisi digital yang tersedia di pasaran sekarang ini.

TV Digital

Bagaimana Cara Memilih TV Digital yang Terbaik dan Tahan Lama?

Memilih Resolusi Layar TV

Tidak seperti TV tabung, TV digital mempunyai tampilan gambar yang lebih tajam juga bagus. Anda dapat memilih TV LED dengan resolusi 720p, 1080p, 1140p, 4K, dan 8K. Semakin tinggi resolusi TV LED, maka makin bagus juga tampilan gambar yang dihasilkan. Maka jika Anda ingin tampilan gambar yang lebih  HD, bisa pilih resolusi 1080p ke atas.

Sambungan HDMI

Karena bukan hanya digunakan untuk menonton, TV digital harus mempunyai sambungan HDMI. Jadi, Anda bisa tetap terkoneksi dengan game konsol, Laptop, dan Blu-ray DVD player. Beberapa jenis TV digital juga dilengkapi dengan wifi maka dapat menghubungkan TV dengan smartphone dan gadget lain dengan nirkabel.

Sesuaikan Ukuran TV dengan Besar Ruangan

Supaya pengalaman menonton menjadi lebih seru, ada baiknya Anda menyesuaikan ukuran TV dengan luas ruangan. Apalagi, ukuran TV digital cukup beragam dari 32inci sampai 85 inci.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan TV 32 inci untuk ruangan dengan ukuran 3×3 meter persegi. Jika mempunyai punya ruang keluarga yang lebih luas, TV ukuran 85 inci bisa jadi pilihan yang tepat supaya suasana nonton lebih seru.

Fitur TV yang Ditawarkan

Ada banyak TV yang menyediakan banyak fitur canggih. Jika Anda ingin menonton film favorit dengan layanan streaming, ada baiknya memilih smart TV yang bisa terhubung dengan bluetooth dan wifi.

Selain itu, juga ada TV yang menyediakan fitur Google Assistant sehingga Anda bisa mengatur smart TV melalui audio. Tentu, semakin lengkap fitur serta spesifikasinya, maka mahal juga harga TV digital tersebut.

Ketahui Refresh Rate

Refresh rate ialah komponen pada seberapa banyak layar TV bisa membuat gambar baru setiap detiknya. Untuk mengetahui refresh rate pada TV, Anda dapat melihatnya dalam ukuran Hz.

Sebagai contoh, TV LED menawarkan refresh rate sebesar 120 Hz, maka layar bisa membuat gambar baru sebanyak 120 kali pada satu detik. Semakin tinggi ukuran Hz, maka halus juga gambar yang ditampilkan.

Memilih TV yang Mempunyai Masa Garansi

Ketika ingin membeli TV, tentu kita berharap akan awet serta tidak terjadi kerusakan. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengetahui masa garansi yang ditawarkan ketika membeli TV. Maka, Anda bisa menghindari kerugian jika TV rusak selama masa garansi.

Ketahui Jumlah Konsumsi Daya Listrik

TV digital memang lebih hemat energi dibandingkan TV plasma dan TV LCD. Tapi, Anda tetap perlu mengetahui besaran konsumsi daya yang diperlukan TV supaya tagihan listrik tidak membengkak. Untuk TV LED 32 inci umumnya memerlukan daya sekitar 60-70 watt, sementara TV LED 50 inci setidaknya 110 watt.

Jika Anda membutuhkan TV digital, UKUR merupakan marketplace toko online di Indonesia yang menjual TV Digital berkualitas dengan berbagai jenis. Temukan tipe serta model TV Digital yang tepat lalu nikmati kemudahan belanja produk konstruksi di UKUR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *