Gejala Demam pada Anak yang Harus Diwaspadai

0
Gejala Demam pada Anak yang Harus Diwaspadai

Demam merupakan salah satu penyakit yang biasanya sering dialami oleh semua kalangan baik tua maupun muda seperti anak-anak. Anak dikatakan demam jika mengalami suhu tubuh di atas 37 derajat celcius. Dilansir dari situs detikHealth bahwa peningkatan suhu tubuh pada anak harus segera ditindaklanjuti karena ditakutkan menjadi sebuah gejala penyakit lainnya. Sebagai orang tua, baiknya kita sudah prepare menyediakan asuransi kesehatan untuk anggota keluarga. Contohnya memberikan asuransi kesehatan anak, seperti asuransi kesehatan FWD Insurance. Biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan bisa saja merogoh kocek yang dalam, pentingnya memiliki asuransi kesehatan akan menjaga cash flow keuangan Anda. Lebih lanjut lagi mari kita cari tahu gejala demam pada anak yang harus diwaspadai.

  1. Kejang

Gejala demam pada anak yang harus diwaspadai ialah terjadinya kejang. Jika terjadi kejang pada anak pada saat demam maka orang tua harus sebuah membutuhkan pertolongan medis.

  1. Kulit Pucat

Pada saat demam tentunya suhu badan pada anak naik secara drastis, akibatnya kadang membuat kulit pucat pada anak. Hal ini tentu saja harus diwaspadai sebab kulit yang pucat mengakibatkan anak menggigil dan menjadi kebiruan pada saat demam.

  1. Dehidrasi

Demam pada anak akan menjadi sangat berbahaya jika diiringi dengan tAnda-tAnda dehidrasi pada tubuh. Jika anak mengalami gejala seperti bibir kering, muntah-muntah, menangis tanpa keluar air mata serta tidak mau menyusu maka Anda perlu segera membawanya ke dokter.

  1. Sesak Nafas

TAnda di mana selanjutnya pada anak yang perlu diwaspadai adalah sesak nafas. Selalu tanya keadaan anak apa yang ia rasakan pada saat demam, jika ia merasa sesak nafas maka anak Anda perlu segera mendapatkan pertolongan medis.

  1. Hilang Kesadaran

TAnda demam yang berbahaya pada anak selanjutnya ialah hilang kesadaran. Jika demam tinggi kemudian membuat anak Anda pingsan maka segeralah mendapatkan pertolongan medis. Jangan sampai menunda Karena akan menyebabkan resiko yang lebih besar.

  1. Lemas

TAnda selanjutnya ialah jangan pernah sepelekan lemas pada saat demam. Meskipun memang pada saat demam anak tentunya memiliki tubuh yang lemah dan lemas namun jangan sepelekan lemas yang berjangka panjang.

  1. Demam Tinggi Yang Lama

Beberapa anak yang mengalami demam tinggi, hingga mencapai diatas 40 derajat memang perlu perawatan yang intensif. Suhu tubuh yang terlalu tinggi ini termasuk tAnda demam anak yang berbahaya, sehingga Anda perlu segera membawanya ke pusat kesehatan terdekat.

Jika demam anak berlangsung cukup lama, sekitar 3 hari berturut-turut. Kondisi ini juga disertai berkurangnya nafsu makan pada anak, anak jadi lesu, tidak mau bermain, dan anak terlihat lemas. Apalagi jika dalam 3 hari anak sudah diberi obat dan beberapa treatment, namun demamnya tidak kunjung turun, maka segeralah bawa anak ke rumah sakit terdekat.

Itu tadi beberapa tanda gejala demam pada anak yang harus diwaspadai. Kesehatan keluarga adalah salah satu hal yang harus diberikan, terlebih lagi kesehatan anak. Dengan memiliki asuransi kesehatan FWD Insurance membantu meng-cover segala penanganan serta pengobatan biaya rumah sakit, sehingga keuangan keluarga Anda menjadi tidak terganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *